08 February 2009

Kenapa konflik antara Arab- Israel terjadi ?


Kenapa konflik antara Arab- Israel terjadi ?

Konflik Arab - Israel sebenarnya bukan berita baru, ini sudah terjadi sejak lama sekali, yaitu dimulai setelah 3 tahun Indonesia merdeka, yaitu tahun 1948 Konflik ini sebenarnya sih lebih kepada perebutan hak wilayah…. Kenapa begitu ? Ini bermula dari Negara Inggris yang menginginkan terbentuknya Negara Israel di tanah Arab. Pas kebetulan Palestine adalah Negara jajahan inggris pada saat itu, makanya inggris mematokan sedikit wilayah Palestine, ya….yang memang sih sebagian tanah itu sebenarnya “milik” bangsa Israel juga, kan tanah Palestine adalah tanah yang dijanjikan untuk kaum Nabi Musa AS…setelah berhasil menyebrang dari Mesir melewati Gurun Sinai, TAPI setelah itu banyak orang Israel yang pergi menjauh dari Israel menuju Negara-negara di Eropa, Amerika, dan juga Afrika, setelah mereka pergi, tanah itu pun kosong, lalu bangsa Arab pun menduduki tanah itu dan membangunnya. Sejak itulah bangsa Arab menjadi etnis mayoritas di kawasan itu.

Setelah itu banyak dari orang Israel yang ada di eropa, terutama jerman, inggris, polandia,dll entah mengapa sepertinya orang Israel tidak terlalu disukai orang eropa sehingga mereka pun hampir “dimusnahkan” oleh bangsa eropa asli. Setelah itu inggris berinisiatif mengurangi orang yahudi Israel dari Eropa, Amerika, dan Afrika, dan mengumpulkannya dalam 1 wilayah, dan tanah yang paling sempurna adalah Palestine. Dan itupun terwujud pada tahun 1948, seejak saat itulah konflik ini mulai mengebumi. Sebenarnya bangsa Arab tidak menyetujui pembentukan Negara ini, tetapi mau bagaimana lagi, inggris kan Negara yang sangat berpengaruh di dunia saat itu, terutama di Arab. Apalagi setelah Israel melakukan perebutan wilayah pada tahun 1967 yang disebut six-day war atau perang enam hari. Berkat perang itu Israel berhasil merebut dataran tinggi Golan di Syria, West Bank (Tepi Barat) yang dulunya milik Yordania, dan Jalur Gaza. Bahkan Yerusalem , kota yang diklaim Israel sebagai wilayah negaranya, masih menjadi daerah perebutan. Sebagian besar Jerusalem Barat- yahudi telah menjadi wilayah Israel,sejak kemerdekaan Israel pada 1948. Lalu belum puas dengan itu Israel pun mencaplok sebagian besar wilayah Yerusalem Timur- Arab pada tahun 1967. Dan akhirnya seluruh penjuru Yerusalem menjadi wilayah Israel sepenuhnya!!! (rakus). Dan Israel mengklaim Yerusalem menjadi ibukota Negara, tetapi PBB tidak menyetujui itu, sehingga dipindahkan ke Tel-Aviv Jaffo. Konflik wilayah ini menyebabkan perunahan penduduk drastis setelah kemerdekaan Israel. Banyak dari daerah yang mayoritas adalah Bangsa Palestina menjadi pelarian bangsa yahudi Israel selama perang pada tahun 1948-1949 dan menjadi pengungsi di sekitar kawasan Negara negara Arab.



Meskipun demikian banyak orang-orang Arab yang melarikan diri dari wilayah caplokan Israel, dan lalu beribu-ribu orang yahudi pun menjadi mayoritas dan menguasai wilayah itu. Sementara itu imigrasi orang- orang yahudi masih terus berlanjut. Sampai pada penghujung 1990 saja Israel berhasil menyerap 2,1 juta imigran sejak 1948 (berarti sekitar 51 tahun), 4 kali lebih banyak dari populasi yahudi sebelum kemerdekaannya.

Walaupun banyak immigrant yang menumpuk dari seluruh dunia dari Israel, tetapi karena banyak dari immigran mempunyai keahlian & keturunan berbeda, membuat ekonomi Israel tetep konstan malah semakin membaik.

Pada tahun 1967, yaitu saat perang enam hari, Israel berhasil merebut semenanjung Sinai dari mesir. Tapi sebagai bagian dari perjanjian damai Israel-Mesir, Israel setuju untuk mengembalikan Sinai kepada Mesir.

Hamas, Kelompok palestina yang bermisi untuk mendirikan Negara islam, memberontak kepada Israel. Hamas yang berarti semangat atau gairah dalam bahasa Arab, menolak pengaruh kebudayaan barat dan lebih meningkatkan lagi pengaruh islam di tanah Arab. Hamas yang kependekan dari Harakat al-Muqawama al-Islamiyya, atau yang berarti Gerakan Perlawanan Islam ini secara terang terangan melawan penghancuran yang dilakukan oleh Israel, dan terlibat dengan aksi “terrorisme” (gak salah mereka meneror Israel toh israelnya duluan yang serakah !!!), sehingga mereka ditentang oleh Israel. Itulah yng menyebabkan Konflik ini ......

Created and Published by Jaya(Яя)works informedu.



0 comments: